Senin, 15 September 2014

Cara Membuat Powerbank Sendiri

Cara Membuat Powerbank Sendiri

Cara Membuat Powerbank Sendiri - Technology | Tak terelakkan lagi kebutuhan hampir semua orang akan butuhnya charger portable atau Powerbank untuk menyertai kegiatan di luar rumah mereka. Gadget seolah kebutuhan pokok yang tidak akan ada habisnya untuk dikonsumsi, atas dasar inilah saya mencari ide untuk mencoba ide sederhana yang bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian.


Harga sebuah charger portable atau umum disebut dengan Powerbank sangatlah mahal untuk sebagian orang, tidak semua bisa merogoh koceknya, dengan artikel ini saya harap Anda tidak perlu khawatir lagi ya bepergian jauh keluar rumah. Anda bisa setiap saat menggunakan Powerbank untuk iPhone, Android, atau smartphone Anda sampai puas. Kalo begitu langsung saja kita lihat proses pembuatannya yah

A. Persiapkan Alat dan Bahannya seperti berikut :
Type A Female USB port ( Harga Rp. 33.000 )
Lembaran Papan PCB  ( PCB Matrix harga Rp. 3000-5000/lbr ukuran 20cmx10cm )
IC LM7805 ( Harga Rp. 2500 )
Resistor 160 ohm ( Harga Rp. 500 ) *Optional
C1 100uF/ 50v ( Harga Rp. 1000 )
C2 0.1 ( Harga Rp. 500 )
LED 2,2v 240mA Hijau ( Harga Rp. 500 )
9v battery clip ( Harga Rp. 5000-10.000)
Switch ON/OFF (Harga Rp. 1000)


B. Perhatikan gambar rangkaian dibawah ini, gambar rangkaian menggunakan saklar (sw) dan menggunakan LED indikator berwarna hijau.


C. Atau Anda bisa tentukan pilihan tanpa menggunakan keduannya, sehingga gambar rangkaian tampak terlihat simple sekali. Menurut gambar pasang komponen dari sisi balik PCB maka pemasangan port USB yang keliatan (+) terlihat di gambar atas maka saat dipasang dari baliknya Pasti bener jadi (-)



D. Tempatkan komponen seperti terlihat pada rangkaian di atas ya. Ingat! gambar tersebut terlihat dari bawah, jadi Anda harus pasang dari sisi sebaliknya




E. Setelah pemasangan komplit hasil bentuknya terlihat kecil. Akhirnya Powerbank atauCharger Portable telah jadi dan bisa dibawa kemana saja tanpa banyak makan tempat hehe.

1 komentar:

  1. Mantaf gan ,id..sangat membantu untuk semua semoga ilmubin bermanpaat

    BalasHapus